Survei Capres Terbaru: Ganjar Pranowo Ungguli Prabowo dan Anies Baswedan

Survei Capres terbaru

TOPMETRO.NEWS – Survei Capres terbaru yang diterbitkan SMRC menunjukkan dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang kian kuat, sementara Prabowo Subianto dan Anies Baswedan bersaing ketat di posisi kedua.

Hal itu terungkap dari presentasi Direktur Riset SMRC Deni Irvani terkait survei bertajuk “Trend Dukungan Bakal Capres pasca Deklarasi” yang disiarkan melalui kanal Youtube SMRC TV, Minggu (27/11/2022).

“Bila pemilihan presiden diadakan ketika survei terakhir dilakukan, ada 3 nama yang mendapat dukungan paling signifikan: Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan. Nama-nama lain masih jauh tertinggal di bawah,” ujar Deni.

Ungguli Nama Lainnya

Hasil survei yang dipresentasikan itu menunjukkan dalam semua simulasi, Ganjar Pranowo mengungguli nama-nama tokoh lain.

Dalam pertanyaan semi terbuka, kata Deni, Ganjar mendapatkan dukungan 26,7 persen. Posisi kedua diperebutkan Prabowo (18,8 persen) dan Anies (17 persen). Nama-nama lain jauh tertinggal di bawah 4 persen. Masih ada 13,1 persen yang belum menentukan pilihan.

SIMAK JUGA | Keuskupan Agung Medan Bantah Ada Dukungan Pastor ke Anies Baswedan

Dalam simulasi 4 nama, di mana yang bersaing adalah Anies, Ganjar, Prabowo, dan Puan Maharani, Ganjar mendapatkan dukungan 33,5 persen; Prabowo 26,9 persen; Anies 24 persen; dan Puan 3,4 persen.

Sementara dalam simulasi 3 nama, Ganjar mendapatkan dukungan 33,5 persen; Prabowo 30 persen; dan Anies 25,1 persen.

“Bila calon hanya tiga, dan yang bersaing Prabowo vs Ganjar vs Anies, maka Ganjar cenderung unggul atas keduanya,” kata Deni.

Namun begitu, lanjut Deni, dalam simulasi di mana Ganjar, Prabowo, dan Anis maju, tidak ada calon yang mendapat dukungan di atas 50 persen sehingga terbuka kemungkinan pilpres akan berlangsung dua putaran.

Survei ini secara tatap muka pada 5-13 November 2022. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei terlaksana.

BACA PULA | Tiba-tiba NasDem Diminta Batalkan Usung Anies Baswedan Jadi Capres, Bahaya Besar!

Seperti diberitakan TOPMETRO.NEWS sebelumnya membatalkan usung Capres Anies Baswedan?

Begitulah saran pengamat politik Fernando yang menyarankan Partai NasDem untuk membatalkan niatnya mengusung Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 2024.

Pasalnya, ada bahaya besar yang mengintai partai NasDem yang dinahkodai Surya Paloh itu jika benar-benar jadi mengusung Anies Baswedan.

asl!

Related posts

Leave a Comment